ARTI RAMADHAN BAGIKU

22 08 2009

Hari ini adalah hari yang sangat spesial. Bagiku dan juga bagi saudaraku sesama muslim di seluruh dunia. Ini adalah hari pertama bulan Ramadhan 1430 Hijriyah. Ramadhan memang selalu memiliki kisah tersendiri yang bisa dibilang unik dan luar biasa. Ramadhan selalu menghadirkan sebuah pemaknaan yang pasti berbeda pada setiap orang. Makna ramadhan bagiku adalah sebuah kesempatan bagiku untuk merasakan sebuah sensasi ukhuwah, ubudiyah, dan muhasabah yang sangat spesial. berbeda dari waktu-waktu yang lain.

Di bulan ini ukhuwah bisa lebih mudah terjalin karena banyak orang merasakan hal yang sama berupa rasa lapar dan haus, ditambah lagi banyaknya orang-orang yang berlomba untuk memberikan zakat, shadaqah, maupun hadiah. Di bulan ini semangat untuk beribadah juga sangat besar karena Alloh memang menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Tapi menurutku yang paling bisa membuatku lebih bersemangat untuk beribadah adalah adanya motivasi eksternal yang mengalir luar biasa dari sekelilingku. Bulan ini juga bulan yang membuat kita dimudahkan untuk kita melakukan muhasabah/evaluasi diri karena di bualn ramadhan hidayah dari langit dibuka seluas-luasnya bagi orang yang mau merenungi segala sepak terjang yang telah dilakukan di waktu yang lampau. Buktinya banyak orang yang berbondong-bindong untuk memohon maaf kepada saudara-saudaranya, dengan harapan ketika memasuki bulan Ramadhan paling tidak tidak terlalu banyak membawa beban dosa.

Apapun pemaknaan kita terhadap bulan Ramadhan, itu adalah mencerminkan kapasitas kita dalam memahami Ramadhan. Mencerminkan kapasitas kita dalam memahami Islam. Dan semoga Alloh selalu menambah kualitas diri kita di hadapan-Nya. Sehingga ketika kita nanti pulang kepada-Nya, kita akan kembali dengan wajah penuh ketenangan, kegembiraan dan kepuasan karena kita sudah bisa memenuhi janji kita kepada Alloh. Janji yang kita ucapkan bahkan sebelum kita lahir yaitu “Benar, kami bersaksi bahwa Engkau adalah Tuhan kami”

Wallahu a’lam Bishshawab.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: